Searching...

Popular Posts

Friday, May 2, 2014

Obyek Wisata Tuban

 PARIWISATA

1. WISATA RELIGI
-     ZIARAH MAKAM SUNAN BONANG

Lokasi                    :  Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban Pusat Kota
Luas Kawasan     : 2.500 m2
Status Kawasan   : Tanah Negara
Sunan Bonang adalah salah seorang “Wali Songo” penyebar Agama Islam di Pulau Jawa dan dikenal sebagai Guru dari Sunan Kalijaga, makam beliau tiap hari tidak pernah sepi dari peziarah baik dari dalam dan luar negeri.
-     ZIARAH MAKAM SUNAN IBRAHIM ASMORO QONDI

Lokasi                     :  Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang 12 km dari pusat kota.
Luas Kawasan     : 2 Ha
Status Kawasan   : Tanah Yayasan
Adalah makam Waliyullah yang merupakan ayahanda dari Sunan Ampel sekaligus kakek dari Sunan Bonang. Nama Asli beliau adalah Ibrahim Asyamar Khan.  Konon beliau dikenal sebagai pejuang yang sangat kokoh dalam menyebarkan agama Islam dan memiliki keahlian sebagai pande besi yang handal dalam membuat persenjataan.
-     ZIARAH MAKAM SUNAN BEJAGUNG LOR DAN KIDUL


Lokasi    :  Desa Bejagung, Kecamatan Semanding 4 km dari pusat kota
Makam seorang penyebar Agama Islam di luar Wali Songo dengan misteri air sumurnya untuk penyembuhan penyakit dan media untuk bersumpah.
-     MASJID AGUNG TUBAN

Lokasi                    :  Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban Pusat Kota
Status Kawasan   : Tanah Negara
Masjid Agung Tuban dibangun pada tahun 1894 pada masa pemerintahan Raden Tumenggung Koesoemodigdo, Bupati Tuban ke 35. Arsitektur bangunan dibuat oleh H.M. Toxopeus dari Belanda.
Arsitektur Masjid Agung Tuban merupakan “warisan” abad XIX, dipertahankan nilai-nilai estetikanya, dimodifikasi dengan gaya arsitektur Timur Tengah.
Masjid Agung direnovasi kembali untuk meningkatkan daya tampung jama’ah dan menyesuaikan dengan perkembangan kota. Renovasi yang dilakukan dengan tidak mengubah secara keseluruhan bangunan masjid, akan tetapi beberapa ciri khas penting dari bangunan masjid tetap dipertahankan, seperti ornamen pada teras depan, tempat wudlu dan mihrab. Bangunan masjid yang semula hanya satu lantai dirubah menjadi 2 lantai dan 1 basement sebagai tempat wudlu dan aktifitas keagamaan seperti TPQ dan perpustakaan.
-     KLENTENG KWAN SING BIO

Lokasi                    :  Kelurahan Karangsari Kecamatan Tuban Pusat Kota
Status Kawasan   : Tanah Yayasan
Klenteng Kwan Sing Bio tak lepas dari nilai sejarah Kota Tuban sebagai Bandar.  Berbagai bangsa berkunjung ke Bumi ronggolawe termasuk diantaranya bangsa Tiongkok.
Klenteng Kwan Sing Bio  dikenal terbesar se-Asia, selain tempat beribadah juga diyakini banyak memberi “berkah” karena posisinya yang langsung menghadap ke laut utara jawa.



2.      WISATA ALAM
-     GOA AKBAR

Lokasi                    :  Kel. Gedongombo, Kecamatan Semanding Pusat Kota
Luas Kawasan     : 2.500 m2
Status Kawasan   : Tanah Negara
Obyek wisata alam berupa gua ini merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Tuban, pesona dan keunikannya terdapat pada ruangan – ruangan yang besar dan dihubungan oleh lorong-lorong panjang yang menakjubkan.  Didalamnya terdapat sungai bawah tanah yang airnya sangat jernih, sehingga kita dapat menikmati aneka ikan emas yang berkeliaran didalamnya.
-     GOA NGERONG
  Lokasi                    :  Desa Rengel, Kec. Rengel  30 Km dari Pusat Kota
Luas Kawasan     : 1.500 m2
Status Kawasan   : Tanah Desa
Gua ini menyemburkan air sungai yang sangat jernih, sehingga tampak jelas ratusan ikan air tawar didalamnya. Pada dinding gua bergelantungan ratusan j kelelawar yang menghuni gua tersebut.
Wisatawan juga bisa memberi makan ikan ataupun berendam di aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari mulut goa dengan ditemani ribuan ikan gabus yang jinak.
-     PEMANDIAN BEKTIHARJO

Lokasi                    : Desa Bektiharjo, Kec. Semanding 5 Km dari pusat Kota
Luas Kawasan     : 0,250 Ha
Status Kawasan   : Tanah Negara
Pemandian Bektiharjo adalah obyek wisata yang menjadi situs bersejarah berdirinya Kabupaten Tuban. Asal-usul kata Tuban yang konon berasal dari kata “metu banyune” yang kemudian disingkat Tuban. Pemberian nama Tuban untuk mengenang keberhasilan Ki Ageng Papringan (Bupati I Tuban) yang mencari lokasi dan sumber air untuk memindahkan pusat kerajaan Gumenggeng yang sekarang berada di Kecamatan Rengel.
Pemandian sumber air alami dengan lingkungan yang teduh dan sejuk dapat sebagai sarana rekreasi keluarga ideal yang dilengkapi pula dengan sarana permainan untuk anak-anak, daya tarik lainya dikawasan wisata ini dihuni oleh kawanan satwa kera yang jinak.
-     PEMANDIAN AIR PANAS PRATAAN

Lokasi                    : Desa Wukirharjo,Kec. Parengan 45 km dari Pusat Kota
Luas Kawasan     : 10 Ha
Status Kawasan   : Tanah Milik Perhutani
Sumber air hangat mengandung belerang dan diyakini masyarakat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan rematik.  Kehangatan air mengandung belerang ini dapat dinikmati melalui bak-bak mandi yang tersekat dalam beberapa kamar dan kolam renang yang luas dan bersih, Lokasi wisata menjadi teduh dan asri karena berada di sekitar hutan jati.
-     AIR TERJUN NGLIRIP

Lokasi                    :  Desa Jojogan Kec. Singgahan 36 Km dari Pusat Kota
Luas Kawasan     : 6 Ha
Status Kawasan   : Tanah Negara
Ketinggian air terjun ini hamper 25 m, panorama sekitar berupa hamparan sawah dan perbukitan serta hutan jati.
Peluang Investasi :
-  Pengelolaan Potensi
-  Usaha Rumah Makan
-  Usaha Penginapan
-  Lokasi dekat dengan kerajinan batik


3.      WISATA LAUT
-     PANTAI BOOM

Lokasi                    :  Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban  (Sebelah Utara alun-alun)
Luas Kawasan     : 2.2 Ha
Status Kawasan   : Tanah Negara
Pantai Boom dikenal sebagai bekas pelabuhan kuno pada masa kerajaan Majapahit dan menjadi tempat sandar para tentara Khu Bilai Khan yang akan menyerbu kerajaan Kediri.
Peluang Investasi :
-  Pengelolaan Lahan
-  Usaha Perhotelan
-  Usaha Rumah makan
-  Usaha pertokoan souvenir
-  Usaha rekreasi laut
-  Usaha permaian anak-anak
-  Usaha pertunjukan kesenian Budaya
-     PANTAI SOWAN

Lokasi                    :  Desa Bogorejo Kec. Bancar 40 Km dari Pusat Kota
Luas Kawasan     : 17 Ha
Status Kawasan   : Wilayah Perhutani
Ciri khas Pantai Sowan yang saat ini dikelola Perhutani KPH Jatirogo adalah pasirnya yang putih dam bersih. Pemandangan alam sekitar berupa hamparan rumput dan hutan trembesi, serta dinding karang yang menjorok kelaut.  Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dibawah rindangnya pepohonan yang dipertahankan keberadaannya oleh Perhutani.
Peluang Investasi :
-  Usaha penginapan pinggir pantai
-  Usaha rumah makan
-  Usaha pertokoan souvenir
-  Usaha olah raga pantai
-  Lokasi berada pada pinggir jalan raya pantura
-  Dekat dengan perkampungan nelayan
-     TERMINAL WISATA KAMBANG PUTIH TUBAN

Lokasi                    : Desa Sugihwaras Kec. Jenu 5 Km dari Pusat Kota
Luas Kawasan     :
Status Kawasan   : Tanah Negara
Obyek wisata Terminal Wisata Laut menyatu dengan Terminal Kambang  Putih,  di lokasi wisata ini tersedia berbagai fasilitas wisata yang sedang dikembangkan seperti kolam renang, arena bermain anak dan kios-kios yang nantinya akan memasarkan cindera mata khas Tuban.
-     PANTAI PANYURAN

Lokasi                    : Desa Panyuran Kec. Palang 2 Km dari Pusat Kota
Status Kawasan   : Tanah Negara
Pantai Panyuran salah satu potensi wisata pantai yang belum tertangani, ciri khas pantai dengan banyaknya pohon kelapa ini banyak dikunjungi wisatawan pada hari libur. Lokasinya berada di Keluarahan Panyuran Kecamatan Palang dengan jarak 2 km sebelah timur pusat kota Tuban.


4.      WISATA SEJARAH DAN BUDAYA
-     ALUN-ALUN TUBAN

Lokasi                    :  Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban
Status Kawasan   : Tanah Negara
Alun-alun Tuban selain berfungsi sebagai pusat kegiatan seremonial pemerintah, juga sebagai tempat rekreasi keluarga yang banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat Tuban sendiri.  Di kawasan alun – alun inilah pengunjung bisa menikmati kemegahan Masjid Agung, Kantor Pemda dan fasilitas umum yang tersedia sembari rekreasi bersama keluarga.
Pada waktu sore dan malam hari banyak masyarakat yang mengunjungi Alun-alun Tuban untuk menikmati aneka makanan yang dijajakan oleh PK 5. Jumlah pengunjung Alun-alun Tuban meningkat pada Malam Minggu dan malam-malam liburan.
-     MUSEUM KAMBANG PUTIH

Lokasi                    :  Kelurahan kutorejo Kecamatan Tuban
Luas Kawasan     : 2.050 m2
Status Kawasan   : Tanah Negara
Tempat penyimpanan benda-benda kuno dan bersejarah yang ditemukan di wilayah Tuban.  Koleksi benda bersejarah yang terpajang tidak hanya peninggalan budaya jawa, namun juga dapat ditemukan benda-benda antic peninggalan Negeri Cina dan Eropa berupa keramik.
Koleksi peninggalan sejarah yang saat ini masih tersimpan di Museum Kambang Putih diantaranya adalah Yoni dan Lingga berukuran besar yang berangka tahun 1400 Saka, peninggalan Sunan Bonang, mata uang kuno, manuskrip kuno dari daun lontar, Jangkar Pasukan Tar-tar, benda-benda pusaka dan berbagai koleksi bersejarah lainnya. Museum Kambang Putih banyak dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa dan pemerhati sejarah pada hari-hari libur.


Sumber : Info Tuban
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment